BAHASA ARAB FUSH-HA DAN AMMIYYAH SAUDI DAN MESIR

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa bernilai tinggi yang tetap terjaga sampai sekarang. Di dalamnya terdapat bermacam-macam dialek yang berbeda di antara kabilah-kabilah Arab. Secara umum dapat disimpulkan bahwa bahasa Arab terdiri dari dua jenis, yaitu bahasa Arab Fusha (Baku) dan 'Amiyah (Pasaran).
     Bahasa Arab Fusha adalah bahasa Al Qur'an, bahasa Arab yang paling lurus yang banyak digunakan dalam situasi resmi seperti penyampaian ilmu di masjid maupun sekolah, rapat, dan yang sejenisnya. Bahasa ini menggunakan kaidah-kaidah ilmu Nahwu dan Sharaf. Oleh karena itu, bahasa ini adalah bahasa yang menunjukkan ilmu dan adab. Bahasa ini juga merupakan pemersatu di antara dialek-dialek bahasa Arab yang berbeda-beda. Adapun bahasa Arab 'Amiyah, merupakan bahasa Arab yang tidak berada di atas kaidah ilmu nahwu dan sharaf. Bahasa arab amiyah yang paling sering digunakan adalah bahasa amiyah saudi dan mesir.
   Bahasa ‘Amiyah Saudi dan Mesir adalah bahasa yang mendominasi pasaran pergaulan orang Arab, terutama bahasa ‘Amiyah Mesir, dimana sebagian besar negara Arab akan memahaminya, sehingga dalam contoh ‘Amiyah hanya diberikan ‘Amiyah Saudi dan Mesir. Bukan menafikan bahasa ‘Amiyah negara lain, mengingat semua Negara Arab memiliki ‘Amiyah tersendiri.
    Di bawah ini adalah beberapa contoh ungkapan dengan Bahasa Arab Fush-ha yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab ‘Ammiyyah  Saudi dan Mesir sebagai panduan perbandingan antara bahasa Arab Resmi (Fusha) dan bahasa Arab Ammiyah (gaul) : (Lih. Attaysiir fii Ta’liim Al-Lugha Al-Arabiyah oleh: Saidna Zulfiqar bin Tahir) 
Picture
Picture

Picture

      Masih banyak lagi contoh amiyah, ditunggu contoh lainya Jika kalian mencari Amiyah yang ada suaranya bisa klik disini

Trimakasih.

2 Komentar

Silahkan tinggalkan komentar..

  1. wah panduanya sulit mas, karena bahsa ammiyah gk ada panduanya, panduamya ya langsung ngomong sama orang arab.. hehe tapi ada kok kalau mau beli bukunya,tapi saya gk punya mas.. maksih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar..

Lebih baru Lebih lama