Semangat pagi... Ibu dan Bapak Guru....
Guru Meyenangkan |
Pengertian tradisional itu memang ada benarnya, tetapi kurang relevan, karna menyampaikan atau mentransfer juga butuh metode tersendiri untuk sampai kepada anak didik kita... betul?
Maka dari itu saya akan berbagi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, jika menyenangkan maka pelajaran yang kita ajarkan akan mudah masuk kepada siswa.. Aminnn.... Metode juga berperan untuk Mengatasi kegaduhan didalam kelas, seperti yang sudah saya jelaskan di tulisan 10 Tips Mengatasi Siswa yang Gaduh dikelas.
Langsung nie beberapa METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DAN MUDAH BANGET DILAKUKAN:
1. TALKING STIKE
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan tongkat.
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3. Setelah selesai, guru menyuruh siswa membuka materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, kemudian siswa menutup bukunya.
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa dengan cara menyanyi atau hitungan, jika lagu atau hitungan berhenti maka setelah itu guru
memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
5. Guru memberikan kesimpulan.
6. Evaluasi.
7. Penutup.
2. PICTURE AND PICTURE
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor)
=>Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan
4. ROLE PLAYING (Bermain Peran)
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang
ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa
yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah
ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk
dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang
sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan,
masing – masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan
secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
5. MAKE A MATCH
(Mencari pasangan)
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu
yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu
buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya
5. Setiap siswa yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu
dikocoklagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
6. KARTU ARISAN
6. KARTU ARISAN
Media : Buat kartu (10x10 cm)
sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk
menulis soal
Gelas
=>Langkah-langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara
heterogen
2. Kertas jawaban bagikan pada
siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah berisi soal
dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang
memegang kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar maka
siswa dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang benar
siswa diberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok
merupakan penjumlahan point dari para anggotanya
6. Kelompok yang mendapat nilai
terbanyak akan diberi hadiah (buku tulis)
7. Dan seterusnya
7. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
=>Langkah-langkah :
1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub
bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk
mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke
kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub
bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan
sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penutup
Menurut penulis itulah metode yang menyenangkan dan mudah dilakukan, mungkin menurut ibu/bapak guru ada metode yang lebih menyenangkan, bisa melontarkan kritik atau saran dikolom komentar dibawah. tapi jangan pedas-pedas ea... hehe cukup sekian...
SELAMAT MENCOBA.... GOOD LUCK
Thanks infonya, menarik banget. Oiya ngomongin mendidik anak, ternyata ada loh cara mendidik yang cerdas biar anak itu bisa sukses di masa depan seperti miliarder Bill Gates. Gimana caranya? Yuk liat selengkapnya di sini: Cara asuh orang tua Bill Gates
BalasHapusPosting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar..