RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs NU Al-Hikmah
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : IX A / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Maharoh : Membaca ( قراءة)
Materi Pokok : المناسبات الدينية
A. Standar Kompetensi
3. Membaca ( قراءة)
Memahami wacana tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase,
kalimat, dan wacana tertulis, dengan baik dan benar tentang المناسبات
الدينية
3.2 Mengidentifikasi
kata, frase, kalimat dan wacana tertulis sederhana tentang المناسبات
الدينية
3.3 Menemukan
makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang المناسبات
الدينية
C. INDIKATOR
Ø Membaca wacana tulisan tentang المناسبات
الدينية
dengan baik dan benar
Ø Membaca kata atau kalimat tanpa harokat
Ø Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
Ø Menjawab pertanyaan wacana lisan tentang المناسبات الدينية
Ø Menghafalkan mufrodat
D. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan peserta didik mampu:
Ø Membaca wacana tulisan tentang المناسبات الدينية dengan baik dan benar
Ø Membaca kata atau kalimat tanpa harokat
Ø Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
Ø Menjawab pertanyaan wacana lisan tentang المناسبات الدينية
Ø Menghafalkan mufrodat
E.
KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
Ø
Dapat dipercaya
Ø
Tekun
Ø
Mandiri
Ø
Tanggung jawab
Ø
Percaya diri
F. Materi Pembelajaran
ü Bacaan tentang المناسبات الدينية Dalam buku Bahasa Arab Kelas IX MTs
اِحْتَفَلَ المُسْلِمُوْنَ وَ المُسْلِمَاتُ بِذِكْرَى
نُزُوْلُ القُرْاَنِ الكَرِيْمِ فِي يَوْمِ الاَحَدِ المَاضِي. هُمْ حَضِرُوا اِلَي
مَكَانِ الحَفْلِ فِي السَاعَةِ السَابِعَةِ وَ النِصْفِ لَيْلاً تَمَامًا.
جَلَسَ المُسْلِمُوْنَ فِي الجُزْءِ الاُمَامِي بِهُدُوْءِ
وَلَمْ يَتَكَلَمُوْا شَيْئًا, وَ المُسْلِمَاتُ
جَلَسْنَ فِي الجُزْءِ بِهُدُوْءِ اَيْضًا. ......
ü Lembar mufrodar
G. Metode Pembelajaran
Ø Pendekatan : المدخل الإتّصالى ) Pendekatan Komunikatif(
Ø Metode :
Reading Aloud
Tanya
Jawab
H. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam
b. Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
c.
Guru menyapa
peserta didik dan menanyakan kabar.
d. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai.
e.
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan
materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1). Eksplorasi
v
Guru bertanya mengenai even-even keagamaan
v
Guru meminta siswa untuk mebaca taks tentang Nuzulul Qur’an
2). Elaborasi
v
Guru menyuruh siswa membaca bersama-sama taks
tentang nuzulul qur’an
v
Guru menyuruh salah satu siswa membaca kedepan dengan lafal yang baik dan
benar
v
Guru menyuruh siswa mencari
kata yang sulit
maknanya dan menemukan maknanya
v
Guru memberikan point-point tentang yang
dibaca siswa
v
Guru memberikan memberikan pertanyaan tentang nuzulul qur’an
3) Konfirmasi .
v Guru memberikan klarifikasi
v Guru Melakukan evaluasi
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
|
a.
Guru member kata-kata motivasi kepada murid
b.
Guru mengucapkan salam penutup.
|
10 menit
|
I.
media pembelajaran
1. Spidol, white board, penghapus
2.
Teks wacana tentang perayaan
3. Buku Paket Bahasa Arab kelas IX
4. Catatan Mufrodat
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
|
Instrumen
/ Soal
|
ü Menyusun kalimat menjadi suatu paragraf
ü Membaca suatu paragraf sederhana
tentang nuzulul qur’an dengan makhroj dan intonasi
yang benar
ü Membaca kata atau kalimat yang tidak berkharokat
|
Observasi
Tes lisan
Dan tertulis
|
Selama Pembelajaran
|
Ø Jawablah pertanyaan wacana tulis
tentang nuzulul qur’an?
Ø Susunlah
kalimat ini menjadi sebuah paragraf?
Ø Bacalah
Kalimat ini dengan benar?
|
Semarang, 4 September 2014
Mengetahui,
Guru Pamong Guru Praktikan
Muhammad Fathoni S. Pd.I Muhammad Fadholi
Nip - Nim: 113211061
___________________
______________________________________
RPP TERKAIT:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar..