RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs NU Al-Hikmah
Mata Pelajaran : BAHASA ARB
Kelas/Semester : IX A / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Maharoh : Menyimak ( ( الإستماع
Materi Pokok : المناسبات الدينية
A. Standar Kompetensi
3. MENYIMAK ( ( الإستماع
Menyimak informasi lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara
keagamaan
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, frase atau kalimat) tentang: المناسبات الدينية
1.2 Menemukan informasi dari
wacana lisan sederhana tentang : المناسبات الدينية
1.3 Merespon
gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang: المناسبات الدينية
A.
INDIKATOR
Ø Menyebutkan makna mufrodat yang didengar dengan benar
Ø Menjawab pertanyaan dari wacana lisan dengan benar
Ø
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
yang tepat
Ø
Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan
wacana lisan
B.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan peserta didik mampu:
Ø Menyebutkan makna mufrodat yang didengar dengan benar
Ø Menjawab pertanyaan dari wacana lisan dengan benar
Ø
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
yang tepat
Ø
Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan
wacana lisan
C. KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
Ø
Dapat dipercaya
Ø
Tekun
Ø
Mandiri
Ø
Tanggung jawab
Ø
Percaya diri
D.
Materi Pembelajaran
ü Arti Mufrodat baru
ü Wacana lisan tentang: الحفل
بذكرى ميلاد الرّسول
E.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2. Kerja kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang even even keagamaan
3. Diskusi : Metode ini
digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan
pembelajaran
4.
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja
kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam
b. Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
c.
Guru menyapa
peserta didik dan menanyakan kabar.
d. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai.
e.
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan
materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1). Eksplorasi
v
Guru menyuruh siswa mencari
kata yang sulit
maknanya dan menemukan maknanya
v
Guru meminta siswa untuk mebaca taks tentang دينية مناسبات
2). Elaborasi
v
Siswa berdiskusi tentang yang didengarkan
v
Guru menyuruh siswa memasangkan jawaban yang telah didiskusikan
v
Siswa beradu
cepat memasangkan kalimat acak tentang دينية مناسبات
v
Siswa saling
menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang دينية مناسبات
v
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal
yang masih belum jelas
v
Guru memberikan point-point tentang yang
dibaca siswa
3) Konfirmasi .
v Guru memberikan klarifikasi
v Guru Melakukan evaluasi
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
|
a.
Guru member kata-kata motivasi kepada murid
b.
Guru mengucapkan salam penutup.
|
10 menit
|
G.
media pembelajaran
1. Spidol, white board, penghapus
2. Buku paket Bahasa Arab kelas
IX
3. Teks wacana tentang perayaan
4.
Media audio visul lain
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
|
Instrumen
/ Soal
|
ü Menuliskan paragraph tentang الحفل بذكرى ميلاد الرّسول
ü Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan wacana
lisan tentang acara perayaan
ü Menyebutkan beberapa mufrodat
|
Obsevasi
Tes lisan
Dan tertulis
|
Selama Pembelajaran
|
Ø Tulislah paragraf sederhana
tentang دينية مناسبات dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى) dasar atau kata lam
nafi dan laa nahiyah dan
sruktur jumlah
Ø Sebutkan mufrodat 5 mufrodat yang ada dalam
bacaan الحفل بذكرى ميلاد الرّسول
|
Semarang, 11 September 2014
Mengetahui,
Guru Pamong Guru Praktikan
Muhammad Fathoni S. Pd.I Muhammad Fadholi
Nip - Nim: 113211061
__________________
__________________________________
RPP Terkait:
إرسال تعليق
Silahkan tinggalkan komentar..