RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs NU Al-Hikmah
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : IX B / Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
Maharoh : Menulis ( كتابة )
Materi Pokok : المناسبات الدينية (الحفل بذكرى ميلاد الرّسول)
A. Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan
B. Kompetensi Dasar
4.1
Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang: المناسبات
الدينية (الحفل بذكرى ميلاد الرّسول) dengan menggunakan fi’lu madhi dan dan fi’lul mudhori’.
C. INDIKATOR
Ø Membedakan antara fi’lul madhi dan fi’lul mudhori’
Ø Menyebutkan bentuk-bentuk fi’lul mudhori’dan fi’lul
madhi yang terdapat pada wacana tertulis dengan tepat dan benar.
Ø Memasangkan
Ø Menjawab pertanyaan dari wacana lisan dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan peserta didik mampu:
Ø Membedakan antara fi’lul madhi dan fi’lul mudhori’
Ø Menyebutkan bentuk-bentuk fi’lu mudhori’dan fi’lul madhi yang terdapat pada wacana tertulis dengan tepat dan
benar.
Ø Menjawab pertanyaan dari wacana lisan dengan benar.
E.
KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
Ø
Dapat dipercaya
Ø
Tekun
Ø
Mandiri
Ø
Tanggung jawab
Ø
Percaya diri
F. Materi Pembelajaran
ü Percakapan ((حوار tentang المناسبات الدينية (الحفل بذكرى ميلاد الرّسول)
Dalam buku Bahasa Arab Kelas IX MTs
G. Metode Pembelajaran
Ø Pendekatan : المدخل الإتّصالى ) Pendekatan Komunikatif(
ü Metode :
Konsep Mapping
Tanya
Jawab
H. Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam
b. Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
c.
Guru menyapa
peserta didik dan menanyakan kabar.
d. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai.
e.
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan
materi yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1). Eksplorasi
v
Guru bertanya mengenai even-even keagamaan
v
Guru meminta siswa untuk mebaca taks tentang even-even keagamaan
2). Elaborasi
v
Guru memberikan materi fi’il madi dan fi’il
mudhori’ dengan power point dalam bentuk konsep maping
v
Guru menjelaskan materi fi’il madi dan fi’il mudhori’
v
Guru menyuruh siswa mencari
kata yang berbentuk fi’il madi atau fi’il mudhori’ dalam bacaan
v
Guru menyuruh siswa untuk membuat contoh
tentang fi’il madi dan fi’il
mudhori’
3) Konfirmasi .
v Guru memberikan klarifikasi
v Guru Melakukan evaluasi
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
|
a.
Guru member kata-kata motivasi kepada murid
b.
Guru mengucapkan salam penutup.
|
10 menit
|
I.
media pembelajaran
1. Spidol, white board, penghapus
2.
Teks wacana tentang perayaan
3. Media audio visul lain
4. Buku Paket Bahasa Arab kelas IX
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
|
Instrumen
/ Soal
|
§ Menyebutkan bentuk fi’lu al-mudhori’ dan fi’lul
madhidalam wacana tertulis tentang الحفل بذكرى ميلاد الرّسول
§ Menjawab pertanyaan sesuai dengan wacana
|
Observasi
Tes lisan
Dan tertulis
|
Selama Pembelajaran
|
اذ كر الفعل المضارع و الماضى في هذه القراءة !
أجب عن الأسئلة
الآتية :
متى ولد
رسول الله ؟
|
Semarang, 30 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Pamong Guru
Praktikan
Muhammad Fathoni, S. Pd.I Muhammad Fadholi
Nip - Nim: 113211061
________________
______________________________________
RPP Terkait:
إرسال تعليق
Silahkan tinggalkan komentar..